Curhat tentang Inkscape dan CorelDRAW.

Inkscape dan CorelDRAW adalah dua buah software desain grafis yang cukup populer. Namun, perbedaannya adalah pada lisensi softwarenya. Dan tulisan ini memang bertujuan untuk menceritakan dua software ini dan tentu saja masing-masing ada kelemahan dan kelebihannya. Dan setiap orang boleh memilih satu, dua, atau tidak memilih sama sekali.
  
Tentang CorelDRAW

CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis yang lisensinya berbayar untuk Microsoft Windows. Saat ini versi CorelDRAW yaitu X7 atau versi ke-17 dengan beberapa tambahan dari versi sebelumnya.

Saya memakai CorelDRAW dari versi X3 atau 13. Memakai software ini bagi Saya sah-sah saja karena untuk keperluan pendidikan saja, misal membuat pamflet kegiatan organisasi, spanduk, stiker dan lainnya. Hingga saat ini versi X7 dan mengingat ke X3 sangat banyak sekali tambahannya. Mulai dari fitur table, gradient, transparency, power clip dan lain sebagainya. Dan untuk keperluan organisasi Saya yang membutuhkan hasil yang maksimal, aplikasi ini sangat dibutuhkan.

Namun, ada kalanya dengan meningkatnya dari versi ke versi. CorelDRAW versi atas tidak bisa dibuka di versi bawah dan mungkin ini adalah salah satu pengembang aplikasi ini. Pernah Saya akan mencetak spanduk kegiatan yang desainnya menggunakan versi X5 namun di percetakan hanya X4 dan Saya harus kembali untuk mengconvertnya.
Dan bagi Saya, untuk keperluan organisasi, pemerintahan adalah sah-sah saja. Namun, jika memang punya uang tetaplah membeli saja. Hargai pengembang software.


Tentang Inkscape

Saya mengenal aplikasi ini baru 2 tahun dan benar-benar menggunakannya sekitar 6 bulan yang lalu untuk move on dari CorelDRAW. Karena Saya juga harus sadar untuk di jalan yang benar, benar. Untuk keperluan membuat spanduk, stiker dan atribut organisasi lainnya dengan hasil yang diinginkan sederhana cukup menggunakan ini saja. Saya berpindah dari Windows (bajakan,.. he.. he..) ke Ubuntu Trusty. Karena di Ubuntu menurut saja lebih stabil daripada di install di Windows. Inkscape ini adalah aplikasi gratis dan opensource yang tersedia untuk Microsoft Windows, Linux dan Macintosh. Saat ini Inkscape pada versi 0.48 untuk versi stable dan 0.91 untuk versi Beta.

Namun memang jika Saya menginginkan hasil yang bagus untuk keperluan organisasi memilih CorelDRAW karena tool-tool yang disediakan lebih banyak. Berbeda dengan Inkscape dengan beberapa saja. Namun, kembali lagi. Jika kita lebih kreatif dan memilih kesederhanaan. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Dan ini adalah proses yang Saya lalui.


Itulah perasaannya setelah menggunakan CorelDRAW dari versi X3 sampai X7 dengan Inkscape 0.43.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates