Membuat Wallpaper IMM dengan Inkscape

Pada tulisan ini, Saya akan berbagi membuat Wallpaper IMM yang flat dengan tulisan Religiusitas. Religiusitas dipilih karena kata tersebut adalah salah satu Tri Kompetensi IMM. Pada kali ini Saya akan membuatnya dengan software graphic open source Inkscape.
1. Bukalah aplikasi Inkscape yang sudah diinstall di komputer Immawan/Immawati. Masih belum mengerti Inkscape itu apa? Klik disini.
2. Inkscape secara default akan membuat lembar kerja berukuran kertas A4. Namun disini kita akan membuat ukuran lembar kerja kita menjadi 1900 x 1020 pixel. Ukuran ini dipilih karena akan kita pasangkan pada wallpaper Ubuntu Trusty milik Saya. Walaupun ukuran laptop Saya adalah 1366 x 768 namun karena wallpaper ini akan kita munculkan di lockscreen maka ukuran ini adalah yang terbaik. Caranya yaitu klik menu File > Document Properties dan pada Custom Size ketik 190,0 pada width dan 102,0 pada height.
3. Setelah selesai, keluarkan window Document Properties dengan mengklik silang merah. Selanjutnya kita akan membuat warna merah (#ff0000) menjadi warna dominan latar belakangnya dengan membuat kotak seluruh lembar kerja kita. Pada bagian tool klik “create rectangles and squares (F4)” atau gambar kotak dan tutupilah lembar kerja kita dengan kotak itu. Dan pastikan pas dengan seluruh lembar kerja kita.
4. Setelah itu ketik angka 4 di keyboard untuk membesarkan lembar kerja kita tersebut. Dan selanjutnya kita akan membuat pemanis backgroundnya agar tidak melulu solid warna merah. Caranya kita duplikat background tersebut dengan menekan Ctrl + D dan kita ubah warnanya dengan warna merah muda (#FF2A2A).
5. Selanjutnya kita akan berikan efek gradient pada warna merah muda tersebut dengan cara menggunakan tool gradient “Create and edit gradients (Ctrl + F1)” urutan ketiga dari bawah. Dan berikan pada warna merah muda tersebut, geserlah sesuai dengan keinginan agar terlihat bagus.
6. Setelah selesai, kita pilih tool “Select and transform object (F1)” untuk melihat hasilnya dan jika perlu buatlah menjadi dua atau tiga lapis merah muda dengan menekan Ctrl + D sesuai keinginan. Dan salah satunya misalnya kita akan membuat dibagian bawah dengan mengklik kembali tool gradient lagi. Dan pilih dibagian yang terlihat bagus, misal dibagian bawah.
7. Langkah berikutnya adalah membuat tulisan RELIGIUSITAS dan IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH di wallpaper tersebut. Yaitu dengan menggunakan text tool “Create and edite text objects (F8)” dan pilih “Sawasdee” sebagai hurufnya, “22” untuk ukurannya, “Toggle Bold” untuk membuat tebal dan warna putih “White” dengan warnanya. Untuk memberikan warna putih blok seluruh tulisan Religiusitas-nya dan pilih warna putih.

8. Selanjutnya membuat efek warna hijau sebagian pada tulisan Religiusitas. Dengan menduplikat tulisan RELIGIUSITAS dan pilihlah warna Hijau “Green”. Setelah itu berikan efek gradien pada tulisan itu, misal dari tengah sampai bawah.
 
9. Selain kata RELIGIUSITAS, kita membuat kalimat IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH tepat dibawah kata RELIGIUSITAS. Dan pastikan dua kata tersebut ada dibagian kanan lembar kerja kita seperti dalam gambar karena kita akan menyisipkan logo IMM di bagian kirinya. Kalimat IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH efeknya sama dengan kata RELIGIUSITAS hanya ini warna dasarnya hitam dan gradiennya kuning.

  
10. Selanjutnya kita akan menyisipkan logo IMM disebelah kata RELIGIUSITAS dan kalimat IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH. Untuk logo IMM kita bisa mengambil di Facebook Imm Setengah Abad disini. Dan setelah mendownloadnya, kita mengimport file logoimm.svg ke lembar kerja dengan cara klik menu File > Import dan cari file logoimm.svg.
 
11. Kita akan mengambil logo IMM yang warnanya RGB karena kita akan menampilkan di layar komputer. Caranya pada kedua logo itu klik kanan dan pilih Ungroup. Lalu kita blok yang logo IMM CMYK, tulisan CMYK dan ketik Delete untuk menghapusnya, begitu juga tulisan RGB nya karena kita hanya membutuhkan logonya saja.
  
 
12. Setelah itu blok logo tersebut dan buatlah menjadi satu group dengan cara Ctrl + G dan perkecil logo seperti dalam gambar dengan sambil menekan Ctrl. Dan letakkan disebelah RELIGIUSITAS dan IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH.
 
 
13. Zoom ukuran layar kerja kita dengan menekan “4” di keyboard. Dan akan menampilkan seluruh objek kita. Lalu kita akan membuatkan efek flat pada logo IMM. Yaitu dengan membuat sebuah objek menggunakan bezier tool “Draw Bezier Curves and Straight Lines (Ctrl + F6)”.
Caranya kita klik dibagian pinggir kuning tengah logo dan klik lagi pada bagian hitam selanjutnya pada bagian pinggir hitam selanjutnya pada pinggir wallpaper lalu bagian hampir bawah wallpaper lalu bagian kuning terbawah dan kembali ke bagian kuning atas. (Lihat gambar.) Lalu berilah warna merah tua (#D40000) dan hilangkan stroke hitamnya dengan cara klik kanan pada bagian warna silang atau paling kanan warna di Inkscape dan pilih Set stroke. Namun jangan sampai lupa kita harus kembali ke pick tool atau “Select and transform objects (F1)” untuk bisa melakukan itu.
 
 
14. Setelah selesai, kita klik logo IMM dan ubahlah posisinya menjadi bagian paling atas dengan menekan tombol Home atau pilih “Raise selection to top (Home)”. Jika bagian merah tuanya kurang bagus, kita bisa mengubahnya dengan cara mengedit titik-titiknya dengan cara menggunakan node tool “Edit paths by node (F2)” dan ubah sesuai dengan keinginan kita.
  
 
15. Langkah terakhir kita akan mengeksportnya kedalam sebuah file .jpg untuk bisa kita jadikan wallpaper dengan cara mengklik menu File > Export Bitmap dan pilihlah Page. Lalu pada bagian Bitmap Size ketikan width 1900 at 900 dpi dan height 1020 at 900 dpi. Dan pada bagian Filename pilih Browse untuk menentukan file jpg kita simpan dimana lalu beri nama filenya dengan religiusitas dan Save. Terakhir kita pilih Export.
Demikian sedikit sharing dari Saya ini. Dan sedang dalam angan-angan membuat sebuah distro turunan dari Ubuntu untuk keperluan Ikatan atau hanya sekedar remaster saja dan wallpaper ini akan menjadi defaultnya, semoga dan doakan saja. :

Dan ini file .svg yang sudah jadi. Bisa di import juga di CorelDRAW atau Adobe Ilustrator.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates