Desain Lama yang viral


 
Kemarin (31/10), Saya membaca Suara Muhammadiyah edisi 21 Thn Ke-102, 1 - 15 November 2017 dengan tema "Spektrum Islam Kontemporer". Seperti biasanya, Saya hanya membaca sepintas lalu, kalau tidak ada yang menarik ya di skip saja dan langsung buka halaman selanjutnya. Iklan cover dalamnya adalah UHAMKA yang mengucapkan Selamat Milad Ke-105 Muhammadiyah. Selain itu juga seperti majalah SM (Suara Muhammadiyah) lainnya yang Saya perhatikan dan mungkin pembaca lihat adalah rubrik Khutbah Jum'at, karena SM dicari selain tulisan-tulisannya yang mencerahkan, tapi juga yang terpenting adalah khutbah jum'at yang temanya selalu update masalah terkini.
SM edisi ini spesial untuk Saya, karena ada desain-desain lama yang dulu pernah Saya buat ketika aktif di IMM. Desain logo Muhammadiyah dengan berlatar belakang sinar yang memancar dan tangan yang terbuka seolah membuka sinar ditangannya. Desain ini Saya tidak ingat kapan dan dimana membuatnya, namun yang teringat adalah gambar ini dibuat oleh GIMP 2.8 karena terlihat dari sinar memancar yang khusus ada di Effect GIMP 2.8.

Dari gambar yang ada dalam majalah SM ini layouter menyebut dari website Santri Cendekia (https://santricendekia.com/wp-content/uploads/2012/03/Muhammadiyah-Baktiku.jpg) padahal sebelum itu ada website/blog yang memuat itu yaitu blog Saya yang lainnya yaitu wallpapermuhammadiyah.blogspot.com dan dari blog itu orang-orang mendownloadnya secara gratis dan memasangnya di website mereka, sampai website Republika (http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/pemuda-muhammadiyah-_150113082519-927.jpg) memasang gambar Pemuda Muhammadiyah yang ada di wallpapermuhammadiyah.blogspot.com. Saat tulisan ini dibuat, blog tersebut memang masih diakses, namun mengenai gambar yang ada tidak bisa dilihat karena semua gambar tersebut disimpan di website DPD IMM Jawa Tengah. Karena Saya sekarang bukan pengurus DPD IMM Jawa Tengah, jadi semua gambar tersebut tidak bisa diakses maupun di download.
Lalu apa masalahnya sampai Saya menulis 2 paragraf ini, bahkan sampai curhat mengenai majalah SM? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan pengumuman kepada seluruh warga Persyarikatan, silahkan download, modifikasi, upload kembali di website lainnya, sampai dicetak TANPA harus mencantumkan wallpapermuhammadiyah.blogspot.com apalagi sampai meminta izin kepada Saya. Yang Saya minta dari pembaca sekalian adalah tolong beri suport kepada Saya untuk mendesain kembali dengan cara menshare tulisan ini. Karena beberapa pekan yang lalu, kawan di Purwokerto meminta desain untuknya, namun hasilnya kurang memuaskan katanya. Apakah karena Saya terlalu mengurusi anak orang (di sekolah) daripada kreatifitas diri sendiri apalagi memikirkan ke jombloan Saya (halah malahan curhat).

0 komentar :

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates